DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI AL-FATTAH SEMARANG
Total View This Week1
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Aryanto, Ahmad Eko
Subject
BL Religion 
Datestamp
2019-12-20 02:52:26 
Abstract :
Masalah utama dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Implementasi Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam yang menyangkut perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi Pendidikan agama Islam di SDI Al-Fattah Semarang, Bagaimana evektivitas Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam yang menyangkut dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Fattah Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah:1).Implementasi yaitu Perencanaan Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dengan ketentuan. Kemudian Pelaksanaan pembelajaran tematik pendidikan Agama Islam dengan adanya RPP yang sudah mencantumkan silabus dan juga bahan ajar, Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam lebih efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pelaksanaan dengan menggunakan tema memberikan rangsangan kepada peserta didik lebih senang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Peserta didik juga lebih mudah untuk memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian Evaluasi pembelajaran tematik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Fattah semarang sudah sesuai dengan instrumen penilaian dalam pembelajaran tematik. 2.)mengenai evektivitas yaitu kondisi: dengan pembelajaran tematik ini materi pembelajaran bisa dilaksanakan hingga tuntas selain itu pembelajarannya juga menyenangkan dan siswa mampu aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian hasil belajar: dengan pendekatan tematik ini lebih efektiv dan menyenangkan karena siwa lebih aktif dalam pembelajaran, mereka saling bekerjasama mendengar menerima dan saling menghormati. Selain itu siswa mampu berfikir objektif dan sistematis juga dilatih untuk berani mengemukakan pendapat sehingga akan mempermudah pengembangan ranah psikomotoriknya. Kata kunci : Evektifitas pembelajaran tematik pendidikan agama Islam 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung