Abstract :
ABSTRAK
Dengan cepat berkembangnya keadaan perekonomian ini sangat dirasakan
bahwa promosi merupakan salah satu bagian dari marketing mix untuk
meningkatkan volume penjualan. Prospek pemasaran perusahaan digital printing
dan promosi display di Indonesia dewasa ini cukup menjanjikan, namun dalam
pemasarannya sangat tergantung pada promosi yang dilakukan perusahaan dimana
bauran promosi yang dilaksanakan dapat menimbulkan umpan balik bagi
perusahaan. Berdasarkan dari latar belakang tersebut diatas, maka diajukan judul
“Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan pada PT.Innovasi
Sarana Garfindoâ€.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
advertising di PT. Innovasi Sarana Garfindo. 2) Untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan personal selling di PT. Innovasi Sarana Garfindo. 3) Untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan sales promotion di PT. Innovasi Sarana
Garfindo. 4) Untuk mengetahui sejauh mana variabel promotional mix yang
terdiri dari advertising, personal selling dan sales promotion berpengaruh terhadap
volume penjualan pada PT. Innovasi Sarana Garfindo. 5) Untuk mengetahui
variabel promotional mix mana yang berpengaruh dominan pada volume
penjualan PT. Innovasi Sarana Garfindo.
Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan analisis regresi
berganda, uji t dan uji F untuk menganalisis Data yang diperoleh.
Dari hasil analisa data dengan menggunakan program SPSS 13.0 For
Windows, dari hasil uji korelasi berganda terdapat hubungan yang sangat kuat dan
searah antara advertising, personal selling, dan sales promotion dengan volume
penjualan pada Perusahaan PT. Innovasi Sarana Grafindo.
Besarnya koefisien determinasi (R2) = 0.707 dan setelah disesuaikan
didapatkan nilai R adjustnya sebesar 0,561 menunjukkan bahwa variabel
Advertising (X1), Personal selling (X2) dan Sales promotion (X3) secara bersamasama
memberikan kontribusi/sumbangan sebesar 70.7% terhadap perubahan
volume penjualan (Y), sedangkan sisanya sebesar 29.3% merupakan
sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Dari hasil perhitungan analisis dengan menggunakan program SPSS for
Windows, diperoleh nilai Ftabel = 4,10 sedangkan nilai Fhitung = 4,837 sehingga
dapat dikatakan Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga Ho ditolak atau Ha diterima.
Dilihat dari besarnya koefisien regresi dapat diketahui variabel bebas X1
(Advertising) adalah variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan
dibandingkan dengan variabel bebas yang lain. Hal ini dapat diketahui karena
variabel bebas X1 (Advertising) mempunyai nilai koefisien regresi tertinggi yaitu
3,679 dibandingkan dengan variabel bebas yang lain.