DETAIL DOCUMENT
PA : Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Arsip Menggunakan Microsoft Access Pada Bagian Subdit Manajemen Dan Risiko Keuangan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya
Total View This Week2
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Utama, Anugerah Yustisia
Subject
651 Office services 
Datestamp
2017-08-15 02:23:44 
Abstract :
Pengelolaan arsip pada Pelindo III dilakukan dengan dua tahap yaitu; Pemilahan arsip, dan packing. Pemilahan arsip yaitu memilih laporan dan surat sesuai periode yang ditentukan. Packing arsip yaitu setelah melalui proses pemilahan arsip maka proses packing dilakukan dengan meminta kardus arsip pada bagian unit arsip. Penerapan arsip 5R dilakukan oleh perusahaan Pelindo III yaitu : Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Pada saat ini proses entry data laporan dan surat masih menggunakan Microsoft Excel, disamping itu pendataan peminjaman buku laporan dan surat masih manual. Hal ini berdampak pada suatu pencarian data atau dokumen dalam jumlah yang besar bahkan kurang efisien, jika menggunakan find dan filtering sekalipun akan kurang maksimal dalam proses pencarian data tersebut. Pada bagian Subdit Manajemen dan Risiko keuangan membuat aplikasi pengelolaan arsip dapat dilakukan dengan mnggunakan Microsoft Access. Aplikasi ini juga dapat membantu Subdit untuk proses pengelolaan arsip. Proses pengelolaan arsip dengan aplikasi ini dilakukan dengan mengentri kode buku laporan dan surat sehingga menghasilkan report diagram yang digunakan untuk mengetahui keadaan tentang arsip inaktif. 
Institution Info

Universitas Dinamika