DETAIL DOCUMENT
Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Ibrahimy Sukorejo tahun pelajaran 2008-2009
Total View This Week40
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Suhari, Suhari
Subject
Belajar 
Datestamp
2018-09-17 03:21:19 
Abstract :
Dalam penulisan karya ilmiah ini dengan judul yang tersebut di atas, memiliki fokus penelitian pada strategi guru dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa serta faktor-faktor yang mernpengaruhinya. Yang dalam penyusunannya kami menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi yang titik poinnya tetap pada strategi guru sebagai tenaga penclidik. Dalam menjalankan perannya sebagai pahlawan pendidikan, terutama ketika ingin meningkatkan minat belajar siswa pada usia anak-anak ke dewasa, tentu membutuhkan berbagai macam metode agar dapat membangkitkan keinginan, minat dan motivasi siswa untuk dapat memahami pelajaran yang disampaikan. Metode sangat penting fungsinya dalam pengajaran, karena tanpa metode dan strategi yang dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik dan pengajaran tidak akan menga tarkan manusia kecil itu menuju erah kedewasaan yang sempurna. Untuk mengungkapkan hal tersebut, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana strategi yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA lbrahimy Sukorejo Situbondo? (2) Faktor­ faktor apa sajakah yang mempengaruhi minat belajar siswa di SMA lbrahimy Situbondo? Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendek&tan fenomenologis. Beberapa metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk selanjutnya agar memenuhi tingkat validitas maka dilakukan pengecekan data melalui teknik triangulasi baik sumber maupun metode. Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa ( 1) Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar di SMA lbrahimy adalah dengan melaksanan tahapan-tahapan mengajar yang meliputi tahapan pra instruksional, tahapan instruksional, dan tahapan evaluasi dan tindak lanjut. Dilanjutkan dengan melakukan pendekatan­ pendekatan dalam mengajar meliputi pendekatan ekspositery, inquiry, interaksi sosial, clan pendekatan behavorial (tingkah laku). (2) Unruk membangkitkan minat dan perhatian siswa dalam belajar, strategi yang dilakukan oleh guru meliputi beberapa variabel, yaitu melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, prinsip kooperasi dan individualisasi, serta peragaan dalam pengajaran. (3) Ada dua faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, yaitu : Faktor intema1 siswa itu sendiri seperti kesehatan, rasa aman, kemampuan, minat, motivasi, clan lain-lain. Serta faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor eksternal, meliputi : lingkungan sekolah, berupa interaksi antara guru dan murid, cara penyajian pelajaran, hubungan antar siswa, keadaan gedung, waktu sekolah clan pelaksanaan kedisiplinan; lingkungan masyarakat, yaitu media massa yaitu televisi, teman bergaul clan cara hidup lingkungan; dan lingkungan keluarga, berupa perhatian orang tua atau wali murid terhadap pendidikan anak. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL